Tips Setting Film Sablon

Dalam dunia desain khususnya dalam dunia penyablonan, pada tahap persiapan file untuk desain yang akan dibuat proses afdruk, terkadang keahlian untuk memodifikasi file sangat penting dan dibutuhkan dalam hal setting film pada sablon. Karena bukan rahasia lagi bahwa kita akan menemui beberapa konsumen yang sangat awam dengan dunia desain dan sablon ini, mereka memberikan file desain yang berbentuk JPEG atau Bitmap sesuai kenginan mereka. Ditambah lagi ukuran filenya yang memiliki resolusi atau kapasitas yang sangat kecil hingga tidak qualified untuk dibuat menjadi film sablon.

Pada artikel ini saya akan memberikan sedikit tips bagi para pemula pada umumnya dalam dunia desain untuk mengatasi permasalahan dalam menyetting film pada sablon tersebut. Tapi saya akan memberikan contoh yang paling sederhana saja sembari untuk para pemula agar bisa dan mudah dimengerti sisanya anda kembangkan sendiri. Yaitu Teknik trace untuk kepentingan setting film pada sablon. Karena biasanya hal ini terjadi pada logo, maka saya contohkan juga menggunakan logo. Langkah-langkahnya antara lain sebagai berikut:

  1. Buka Corel Draw (Yang ini pake Corel Draw 12)

  2. Pilih File yang akan di trace, klik  File >> Import

  3. Seleksi pada file tersebut klik Bitmaps >> Trace Bitmap. Maka akan muncul atau jump ke corel trace

  4. Pada Corel trace klik menu Image >> Mode >> Black and White

  5.  Atur nilai Threshold-nya sesuai dengan kebutuhan (Default 128). Lalu tekan OK

  6.  Lalu klik menu Trace >> By Outline. Hasil trace bisa dilihat di kotak sebelah kanan

  7. Lalu tutup aplikasi Corel Trace, muncul notifikasi untuk save, klik Yes.

Kembali kita buka Corel Draw-nya. Disana bisa kita lihat hasil trace sudah ada di Corel Draw. Kita tinggal memodifikasinya atau mengeditnya, karena sekarang log tersebut sudah menjadi jenis Vektor. Naah dengan demikian gambar yang semula dengan tesolusi kecil bisa kita edit dengan sempurna.
Demikianlah artikel dari kami di sablon kaos murah ini. Terima kasih. (86)

This entry was posted in Alat dan bahan sablon kaos and tagged . Bookmark the permalink.