Tips Membuat Afdruk Pada Sablon

Apakah anda pernah mendengar proses afdruk pada sablon kaos?? Tentunya anda pernah mendengar nya kan, naah apakah anda pernah coba membuat afrdruk itu sendiri? Naah pastinya belum kan, pada artikel ini saya akan memberikan tips cara mebuat afdruk pada sablon kaos antara lai sebagai berikut :

Pertama-tama yang akan kita lakukan dalam belajar membuat afdruk sablon yaitu membersihkan screen proses ini dilakukan jika screen yang akan digunakan sudah pernah dipakai sebelumnya.

Setelah bersih dan kering oleskan obat afdruk contohnya : Ulano 133 dengan merata keseluruh bagian screen, kemudian keringkan menggunakan hairdryer kurang lebih sekitar 1 menit.

Kemudian tempelkan cetakan film sablon di bagian luar screen, dan diikuti dengan kaca 5 mm. Apabila dalam bentuk print laser dikertas kalkir atau bila menggunakan kertas HVS pada bagian belakang dioles dengan minyak goreng telebih dahulu.

Pada bagian dalam screen beri busa yang lebarnya  sama dengan kain screen , bukan selebar frame screen-nya, agar busa bisa masuk ke dalam screen, diikuti lagi dengan triplek kayu untuk menekan busa.Jadi urutannya : Triplek, busa, screen, film sablon lalu kaca.

Jemur dibawah sinar matahari kurang lebih 20 detik. Tempatkan posisi kaca dibagian atas, setelah itu guyur dengan air. Kemudian semprot menggunakan spray berisi air sampai benar-benar berlubang, guyur lagi dengan air. Dan jemur hingga kering. Afdruk sablon sudah siap anda gunakan

Tips :

Gunakanlah printer laser atau fotocopy laser untuk hasil afdruk yang maksimal. Lalu kemudian jangan terlalu lama menjemur dibawah sinar matahari karena bila terlalu lama akan mengakibatkan  terlalu keras dan tidak bisa berlubang bila disemprot.(87)

This entry was posted in Alat dan bahan sablon kaos and tagged . Bookmark the permalink.