Sablon kaos flock

Apakah anda tahu tentang tekhnik menyablon kaos dengan porses flock? Nah dsni saya akan menjelaskan proses floack tersebut. Proses flock pada kaos merupakan cara yang simple dan terbilang mudah dan cukup cepat. Cara ini sangat efektif digunakan untuk pembuatan kaos sablon secara satuan. Namun cara ini memiliki kelemahan tersendiri yaitu hanya dapat diterapkan pada proses flat color atau non-separasi. Di bawah ini adalah beberapa contoh langkah-langkah pembuatannya.

Desain

Buat desain pada software Corel atau Photoshop atau juga software yang memiliki kegunaan untuk mendesain gambar . Kemudian import gambar ke software cutting plotter.

Cutting

Gunakan plastik stiker transparan (one side adhesive) lalu cutting atau potong dengan mesin cutting plotter sesuai dengan bentuk yang telah didesain dan diinginkan.

Peel

Gunakan pinset atau sejenisnya untuk mencabut atau membuang bagian yang akan diberi warna.

Masking Tape

Berikan lapisan masking tape untuk membantu dan memudahkan pengangkatan dan peletakan stiker transparan di atas kaos .

Cabut Baking Papper

Buka lapisan baking paper atau stiker yang berwarna putih dengan garis kotak-kotak dan tempelkan.

Screen

Tempelkan stiker tersebut pada screen dan usahakan stikernya menempel dengan rapih dan tidak ada gelembung udara pada stiker.

Remove Masking Tape

Buka masking tape secara perlahan-lahan agar hasilnya bagus.

Tutup Screen

Gunakan plester kertas untuk menutup bagian yang tidak digunakan pada screen. Dan usahakan agar semua bagian tersebut tertutup rapat dengan baik dan rapi.

Letakan Diatas Flock Paper

Setelah itu letakan diatas flock paper . flock paper dapat dibeli di tempat penjualan alat sablon. Dan pasang bagian stiker transparan menghadap kertas flock.

Glue

Olesi lem  perekat untuk sablon di salah satu sisi bagian bawah yang akan di sablon.

Rackle

Kemudian oleskan kuas dengan menggunakan rackle secara merata pada bagian kaos yang akan di sablon. Usahakan agar tekanan cukup dan merata agar seluruh bagian kaos yang akan di sablon mendapatkan lem semua.

Angkat Screen

Buka screen dan perhatikan apakah lem telah melekat sesuai dengan bentuk yang telah diinginkan.

Gunting

Gunting bagian yang hanya dibutuhkan saja.

Kemudia keringkan selama kurang lebih 5 menit.

Lalu letakan Diatas Kaos

Letakkan bagian flock yang berwarna dengan posisi menghadap ke kaos sehingga bagian kaos tersebut dapat dengan mudah di press pada mesin heatpress atau mesin press.

Press

Gunakan mesin heatpress dengan tekanan cukup pada suhu 160 derajat selama 20-25 detik untuk merekatkan atau mengepress kaos .

Peel Off

Setelah di press, tunggu sampai kaos telah dingin. Setelah itu angkat kertas flock secara perlahan agar hasilnya bagus.

Demikian lah penjelasana dari saya tentang proses floack dalam menyablon kaos, dan apabila anda ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang penyablonan kaos kunjungin web sablon kaos murah kami . Terima kasih.

This entry was posted in Teknik sablon and tagged . Bookmark the permalink.