Off Contact Pada Proses Sablon Kaos

Apakah anda mengenal off contact? Off contact digunakan setelah selesai membuat afdruk di screen dan siap untuk menyapu tinta, maka ada baiknya anda menggunakan off contact untuk hasil design yang lebih terang dan baik. Off Contact atau Snap Off adalah jarak atau gap antara sisi cetak pada screen dan kaos. Jadi, harus ada jarak yang cukup antara kaos dan screen ketika proses design. Biasanya jarak yang dipakai berkisar 2 -3 mm.  Jarak ini berguna sebagai ruang gerak untuk turunnya tinta ke kaos. Ketika kita menggesut rakel di screen, tekan dengan kekuatan yang cukup hingga kain screen menempel dengan baik pada kaos. Lalu ketika rakel berjalan, maka secara otomatis kain pada screen yang telah dilewati rakel akan terangkat dan tinta menjadi punya ruang untuk turun ke kaos.

Off contact sablon kaos

Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan jika anda mengggunakan Off Contact. salah satunya adalah turunnya tinta keatas kaos lebih banyak untuk mencegah hasil yang terlalu tipis. Tinta yang terlalu tipis dapat menyebabkan hasil yang tidak terang dan tidak menutup dengan sempurna. Apalagi untuk cetak tinta putih di kaos hitam.

Off contact pada sablon kaos tapi kalau anda masih menyablon menggunakan teknik tradisional atau sistem todong maka berhati-hatilah dalam menentukan jarak off contact ini, dikarenakan jika terlalu jauh jaraknya, kemungkinan yang sangat besar mis register pada saat naik cetak yang ke-2 kalinya. Ini dapat menyebabkan hasil sablon di kaos jadi berbayang. Anda bisa menggunakan feeling untuk jarak yang tepat dengan menekan-menekan kain screen di atas kaos. Kalau untuk di mesin rotary, settingan untuk off contact ini sudah ada, dan kita dapat mengatur jaraknya sesuai kemauan dan kebutuhan yang anda inginkan. (85)

This entry was posted in Sablon kaos murah and tagged , , . Bookmark the permalink.