Fungsi Channel Pada Photoshop Untuk Mendesign Sablon Pada Kaos

Bagi anda yang sering menggunakan photoshop untuk pekerjaan desain, pastinya sudah akrab dengan istilah Channel ini. Disini saya akan memberikan sedikit pengenalan tentang Channel Pada Photoshop. Channel berbeda dengan Layer dari segi fungsinya.

Yang selama ini anda kenal dan telah banyak dipahami adalah fungsi dari layer. Layer sering kita gunakan untuk gunakan untuk  mengedit gambar atau foto. Masing-masing layer bekerja secara independent. Jika kita memiliki file photoshop yang terdiri dari beberapa bagian layer, kita bisa mengedit file tersebut dengan masing-masing layer yang mempunyai fungsi sebagai area kerja berbeda. Keuntungan dalam mengedit gambar melalui layer, kita bisa sepuasnya memanipulasi salah satu bagian gambar tanpa mengganggu bagian yang lain.

Misalnya jika kita mempunyai file gambar mobil, lalu kita ingin memanipulasi spion. Sebelumnya kita pisahkan terlebih dahulu menjadi 2 layer, yaitu layer mobil sara utuh dengan layer spion saja. Jika sudah dipisahkan, maka kita dengan leluasa memanipulasi spion-nya tanpa harus mengganggu layer mobil secara utuh. Layer sangat berbeda dengan fungsi channel, jadi tidak pas rasanya kalau kita bandingkan mana yang lebih baik antara fungsi layer dengan fungsi channel pada photoshop ini. Keduanya saling melengkapi.

Channel di photoshop berfungsi sebagai informasi dari sistem warna yang kita gunakan pada gambar. Normalnya dan umumnya, pada photoshop terdapat 2 jenis sistem pewarnaan yaitu RGB dan CMYK. Sistem RGB terdiri dari 3 warna (Merah, Hijau dan Biru) dan CMYK terdiri dari 4 warna (Cyan, Magenta, kuning dan Hitam).  Jika semua warna pada masing2 sistem tersebut di gabungkan, maka akan membentuk gambar yang full color. (Untuk menambah referensi, ada baiknya anda membaca juga artikel Bedanya sistem warna RGB dan CMYK.

Pada setting sablon kaos, pengetahuan tentang Channel ini sangat berguna untuk membuat film sablon separasi raster. Lihat artikel Separasi CMYK pada sablon kaos. Pengetahuan yang advance tentang channel juga sangat berguna untuk mensetting film sablon jenis spot color, karena pada spot color kita akan lebih banyak menggunakan channel untuk memisahkan warna2 yang akan dicetak pada kaos. Berbeda dengan sablon tipe vektor, lebih banyak menggunakan layer.

Demikianlah artikel dari saya tentang pengenalan tentang channel. Apabila anda ingin mengetahui lebih banyak tentang dunia sablon maka kunjungilah website kami di sablon kaos murah. Terima kasih. (84)

This entry was posted in Sablon kaos murah and tagged . Bookmark the permalink.