Film Sablon Dalam Dunia Sablon

Apabila anda menggeluti dunia penyablonan tentunya anda sudah pernah mendengar tentang film sablon kan? Film sablon adalah cetakan desain gambar diatas kertas untuk membentuk afdrukan diatas screen. Boleh dikatakan model gambar atau desain ataupun tulisan yang bakal kita tuangkan dalam obyek sablon yang berupa kaos, kertas, plastik, karton, dan sebagainya.

Film ini biasanya dibuat melalui desain komputer yang diprint menggunakan tinta laser tapi bisa juga menggunakan tinta print biasa tapi hasilnya akan kurang bagus. Desain sablon kebanyakan dibikin menggunakan Corel draw ataupun Adobe photoshop.

Misalnya saja kita mau mencetak gambar dengan 3 warna putih, hitam dan merah.Naaah berarti sebelum dibuat cetakan afdruknya diatas screen, kita perlu memisahkan warna-warna yang ada sehingga tercipta 3 film nantinya. Biasanya sih kebanyakan editingnya menggunakan photoshop.

Kalau sudah terpisah warna-warnanya , kita tinggal mengganti warna-warna tersebut menjadi hitam pekat, lalu kita print di kertas transparan, atau juga boleh di kertas hvs yang biasa digunakan oleh kita untuk ngeprint data, setelah di print kita lumuri dengan minyak sayur .

Film-film sablon yang sudah kita print dan dilumuri minyak tadi akan menjadi cetakan untuk membentuk afdrukan di atas screen.

Catatan :
Untuk film warna putih dibuat dengan asumsi bahwa kaos berdasar warna2 selain putih sehingga warna putihnya harus disablon juga. tetapi kalo kaosnya udah warna putih, film yang warna putih gak usah dicetak. Ketiga film harus dicetak dalam ukuran yang sama y ada settingannya didalam photoshop

Apabila sudah selesai editingnya anda tinggal memproses pemisahan warna saja. Tetapi saya akan memberikan proses pemisahan warnanya pada artikel selanjutnya. Apabila anda penasaran dan ingin mengetahui lebih jauh dan banyak lagi seputar dunia penyablonan maka kunjungilah website kami. (89)

This entry was posted in Alat dan bahan sablon kaos and tagged . Bookmark the permalink.